Cara Modifikasi dan Tips Otomotif

Rumus Juara MP3 Yamaha Jupiter Z Di Sirkuit Road Race Karawang

Yamaha jupiter Z tampil imprensif saat menggoyang lintasan Test Drive Techno Mart, Karawang, jawa barat dikelas MP3 Bebek tune up 125cc pemula saat di depan publikasi pada event road race beberapa waktu lalu yang telah mengantarkan Rio Ardian menyabet tahta tertinggi. Lokal hero Karawang ini ber nomot 65 begitu perkasa diatas Yamaha Jupiter Z keluaran 2008 ini.

Tidak hanya itu saja, pada event road race di lintasan Brigif Cimahi dan Bukit Peusar, Tasikmalaya beberapa waktu lalu juga menjadi saksi keperkasaan Yamaha Jupiter Z milik Rio meraih juara di kelas MP3. Pembalap yang bernaung dibawah asuhan 549 Fast Performance Arya 117 asal cikeas bogor ini buktikan akan kesiapannya dalam menghadapi kejurda road race jawa barat nanti.

“Meskipun baru pertama kali turun diajang road race dan kejurda tahun ini, namun persiapan oleh tim sudah maksimal. Hasil riset mesin kemarin sudah sangat memuaskan dan karakter mesinnya sesuai dengan pembalap”. Kata Subhan Al Gazalli sang owner tim. Oke, langsung kita kupas ubahan yang dilakukan oleh Syafaruddin sang mekanik, kiliker Yamaha Jupiter Z tim 549 Fast Performance Arya 117 ini.

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z Juara MP3

SILINDER
Guna untuk memaksimalkan turun dikelas MP3, piston standart digusur milik kawahara diameter 55,25 mm. Pastinya piston ini sudah mengaplikasi teknologi Forget Piston dan memiliki dome yang tinggi. Dengan begini kapasitas mesin membengkak jadi 129,3 cc. Karena guna mengimbangi gebukan piston diameter 55,25 mm untuk memukul ruang bakar, kompressi mesin dibuat tinggi untuk menghasilkan power dan torsi yang besar. “kompressi kami atur di angka 12,4 bar,” kata Acos panggilan beken sang mekanik.

HEAD
Untuk mengimbangi silinder yang sudah membengkak, klep bawaan dipangkas milik kawahara. Klep ini menggunakan ukuran 26 mm dan klep ex menggunakan ukuran 23 mm. Dilanjut dengan mengubah durasi kem yang sekarang menjadi 273 derajat untuk in nya dan 273 derajat untuk ex nya.

“Untuk rincian klpe in nya membuka 37 derajat sebelum TMA dan menutup 62 derajat setelah TMB. Sedangkan ex nya membuka di angka 58 derajat sebelum TMB dan menutup 35 setelah TMA” beber Acos yang menaikkan lift kem di angka 9,8 mm.


KARBURATOR
Biar suhu dimesin tidak terlalu panas, butuh pendingin yang ekstra. Namanya juga bahan bakar, selain pembakaran, juga berfungsi untuk pendingin. Maka dari itu spuyernya mamkai pilot jet 38 dan main jet 120. “Settingan di bikin rada kering, karena kondisi lintasan saat itu basah. Namun kombinasi ini di rasa cocok untuk pemasangan karburator yang kini mengaplikasi kepunyaan UMA Racing 24 mm” ujar mekanik Acos ini.

RASIO TRANSMISI
Untuk memaksimalkan performa, rasio gearboxnya di atur ulang. Rinciannya gigi 1 diset 13/33. Gigi 2 diset 18/31, ” Gigi 3 masih mengandalkan bawaannya. Sedangkan gigi 4 diset 21/24. Dengan begitu motor akan cepat melaju.

Demikian ulasan tentang Rumus Juara MP3 Yamaha Jupiter Z Di Sirkuit Road Race Karawang tahun ini. Salam otomotif