Cara Modifikasi Motor Yamaha Mio Sporty dan Biayanya

Liberindonesia.comModifikasi Yamaha Mio Sporty – Modifikasi motor mio sederhana biasanya dilakukan saat anda udah bosan dengan motor mio anda yang tampak cat yang standart dan tidak seberapa mantap tarikannya. Karena dengan dimodifikasi akan membuat motor matic anda menjadi lebih terlihat menarik jika dibandingkan dengan motor standart yang kebanyakan dimiliki oleh orang lain.

Semakin bertambahnya hari para penggemar dari modifikasi motor matic semaikin berkembang pesat. Pastinya anda dapat menemui banyak motor matic yang telah dimodifikasi oleh pemiliknya, dan yang pastinya motor matic yamaha mio sporty yang sering digunakan untuk dimodifikasi. Motor mio ini memang memiliki desain yang banyak orang suka untuk di oprek-oprek.

cara modif motor mio sporty

Disamping itu, harga yamaha mio sporty lebih terjangkau dari kompetitornya yaitu honda beat. Dengan harga yang lebih murah dan dengan desain body yang keren maka anda tidak heran apabila mio sporty ini laris manis dipasaran indonesia. Dalam artikel ini anda akan mendapatkan tips dan informasi mengenai modifikasi motor mio sporty dengan bujet yang murah.

Modifikasi Motor Mio Sporty Biar Irit dan Kencang

cara modifikasi motor mio sporty

Memakai motor mio memang membuat anda terasa nyaman, anda tidak perlu menarik kopling dan menginjak porseneling. Motor mio ini sangat cocok untuk pengendara perempuan karna mudah untuk dijalankan. Namun tidak begitu pada jaman sekarang banyak pria yang sering menggunakan motor matic, khususnya mio sporty. Tanpa disadari bahwa motor ini sangat boros dari pesainggnya karena masih menggunakan karburator, karena itu banyak orang yang mengeluh dengan motor ini. Tapi jangan kawatir, apabila anda ingin memodifikasi agar lebih irit namun tetap kenceng, anda bisa mencoba cara modifikasi motor mio sporty berikut ini. Tips dan triknya adalah mesin, cvt, dan transmisi serta alat penghemat bbm.

Tips Cara Modifikasi Yamaha Mio Sporty :

1. Dari Segi Mesin
Pada bagian mesin anda bisa menggunakan piskon berdiameter 58mm yang nantinya kapasitas mesin anda menjadi 155cc, tapi nanti berakibat pada membengkaknya pengeluaran bbm anda. Tapi anda jangan kuatir, anda bisa mengubah noken as atau memapasnya menjadi memiliki lebar 19 mm dengan tinggi total 25 mm pada bagian input. Untuk karburator anda bisa mengubahnya pilot jet dan main jet nya saja tanpa merubah karburator orisinil.

2. Karbuarator
Mio memiliki karburator dengan system vacum, yaitu buka-tutup spet yang di atur oleh kevakuman di input manifold. Masalah yang sering terjadi di karburaor vakum ini pada karet vakum yang lemah atau juga skep plastik jika tergores menyebabkan buka-tutup skep akan terganggu.

Baca Juga :

Bila terjadi masalah seperti di atas, anda harus segera mengganti skep dan karet vakumnya. Dan jangan lupa mengganti spuyer serta baut setelan, sebab dibagian ini biasanya komponen tidak presisi lagi. Agar tidak ribet anda bisa membeli repair kit karburator untuk mio sporty anda. Jika bagian tersebut bagus, maka mio anda bisa menghemat penggunaan BBM 8-13%.

3. Menggukan Roller Yang Lebih Ringan
Mengurangi berat dari roller dapat menjadi langkah yang tepat untuk memodif motor mio sporty anda. Yaitu hanya mengupgrade performa non bore-up yang anda buat. anda tidak perlu menurunkan berat dari roller anda, cukup 2 gram dari roller standart pabrikan.

4. Porting Polishing
Anda perlu menghaluran saluran output atau yang biasa disebut dengan exhaust manifold dan saluran input atau intake manifold untuk memodifikasi motor mio sporty anda. Agar gas buang akan cepat terbuang lebih cepat dari ruang bakar mesin motor matic anda. Perlu anda ketahui jangan membuatnya terlalu halus. Anda hanya perlu menghilangkan bagian bagian yang bisa menghambat aliran dari bahan bakar. Dikarenakan tekstur di intake manifold masih perlu dibutuhkan untuk pemecah bahan bakar yang masih berbentuk gumpalan-gumpalan supaya dapat tercampur oleh udara masuk. Karena hal tersebut dapat meningkatkan kinerja dari motor anda sebesar 6%.

5. Menggunakan Noken As Racing
Anda bisa menyesuaikan buka-tutup klep, langkah ini dapat anda ambil dengan mengganti noker as standart dengan noken as racing. Jika anda memakai noken as racing akan berpengaruh pada tarikan motor matic anda. Hal ini karena pergantian klep masuk dan klep keluar lebih cepat dari yang biasanya. Mungkin anda bisa menerapkannya di motor mio anda.

6. Klep Dan Per Klep
Sebelum anda memodif klep, anda perlu menSkur dulu agar tidak terjadi kebocoran kompressi kedalam ruang bakar. Bisa anda berniat serius, anda bisa mengganti klep biasa dengan klep racing. anda bisa membeli mert TK yang mempunyai desain gagang body yang memiliki kinerja lebih optimal dalam menyalurkan BBM.

Perklep bisa diganti menggunakan per klep racing dengan merk CLD, per ini memiliki kekerasan yang tinggi dari per klep aslinya. Harga perklep ini terbilang cukup mahal sekitar Rp.130.000. Dengan begitu buka-tutup klep akan lebih optimal kinerjanya, sebab di putaran RPM tertentu klep akan masuk dan keluar di waktu yang hampir bersamaan. Jika terjadi knocking maka akan membuat mesin loyo tidak bertenaga. penggantian perklep racing akan meningkatkan tenaga sebesar 6% dan mampu menghemat bahan bakar sampai 6% juga.

Dengan beberapa tips modifikasi motor mio sporty di atas bisa anda jadikan acuan bagi anda yang belum punya pengalaman dalam hal modifikasi motor. Namun saya sarankan agar anda untuk melakukannya di bengkel yang sudah berpengalaman. Namun jangan khawatir, anda bisa mencari tips dan trik otomotif lainnya di situs liberindonesia.com ini. Baca artikelnya dan share, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cara Modifikasi Motor Yamaha Mio Sporty dan Biayanya | sabrina | 4.5