Cara Modifikasi dan Tips Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari

Liberindonesia.comKelebihan dan Kekurangan Velg Racing dan Jari Jari –¬†Anda saat ini banyak para modifator yang menggunakan velg jari-jari atau pun velg racing, dari pabrikan saja kita sudah dapat velg racing. Tentunya semua tipe velg pasti memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dan pastinya semuanya memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Jadi semua orang memilih velg racing berdasarkan selera masing-masing dan juga desain yang ditawarkan berbeda-beda bentuk dan berbagai macam warna. Sebagai contoh saya pengguna motor supra x 125 lebih menggunakan velg racing. karena kekuatan dan daya tahan dari velg racing itu sendiri lebih kuat dari pada velg jari-jari.

Jika anda ingin motornya di ikutkan balapan drag atau kontes pastinya bisa menggunakan kelebihan velg jari-jari. Dari segi desain lebih simple, lebih ringan dari velg racing. Tapi perlu anda ketahui bahwa velg jari-jari lebih rumit dalam pembersihan kotoran debu atau tanah. beda dengan velg racing yang mudah dalam membersikannya. Di pasaran terdapat 2 jenis model velg jari-jari dan velg racing/palang. Pada kali ini saya akan membagikan informasi tentang kelebihan dan kelemahan kedua velg tersebut :

kelebihan menggunakan velg jari jari

Sebelum mengetahui dari kelebihan dan kelurangan velg racing dan jari jari, beberapa velg jenis jari-jari memiliki 3 bagian utama yaitu velg, ruji dan tromol. Untuk jenis yang satu ini biasanya di gunakan pada mesin berukuran 110cc dan 125cc. Dari segi kekuatan velg ruji memiliki daya tahan kuat dari menahan beban, berjalan dijalanan tidak rata dan berlubang. Karena kekuatan velg yang sangat tinggi maka velg ini sering digunakan pada motor cross, road race dan off road. untuk motor cross memang selalu menggunakan velg jari-jari dikarenakan memang medan yang dilalui kebanyakan berlumpur, bebatuan dan lain-lain sehingga dibutuhkan velg yang kokoh tak tertandingi.

Baca Juga :

Bila saat anda berkendara dan mengalami benturan keras, maka velg jari-jari tersebut kemungkinan besar bengkok saja di bagian velg dan tidak sampai patah. Kalau patah tergantung dari bahan velg yang digunakan. Perlu anda ketahui bahwa velg jari-jari lebih ringan dari velg racing, nah itu lah anda para pembalap lebih sering memakai velg jari-jari in, apalagi untuk ajang drag race dengan trac lurus.

Jika anda ingin memasang ban tubles di velg jari-jari maka anda perlu memodifikasi dulu agar bisa dipakai ban tubles. Sebagian besar pengguna bahwa motor yang memakai velg jari-jari di bilang kurang keren dan juga susah untuk mencucinya karena anda membutuhkan kesabaran dalam membersihkan setiap ruji satu persatu. Apalagi di musim hujan pasti anda malas ya untuk mencucinya. Kalau bahan velg tersebut pakai aloy gak masalah. Kalau velg tersebut memakai bahan dari besi bisa karatan tu anda. Untuk velg jenis ini kurang stabil jika anda buat rem mendadak dan melakukan zig zag. selain itu laher cepat ambrol.

Kelebihan Menggunakan Velg Jari Jari / Ruji :

  • Lebih ringan
  • Velg lebih kuat
  • Dalam membeli, anda bisa ecer satu persatu
  • Bisa di stel ulang jika terjadi kerusakan penyok

Kekurangan Menggunakan Velg Jari Jari / Ruji :

  • Bentuk kestabilan dari velg yang satu ini masih sangat kurang maksimal.
  • Tampilan kurang keren alias styelnya kurang sporty, tergantung selera anda.
  • Rawan karatan apa bila tidak benar-benar bersih dalam melakukan perawatan velg jari-jari.
  • Kekurangan yang terakhir adalah susah dalam mencuci ruji-ruji dan tromolnya.

Velg Racing – Sedangkan jika kita menggunakan velg racing, perlu diketahui sudah banyak motor-motor baru yang menggunakan velg racing. Karena sudah di tempatkan oleh pabrikan. Velg jenis ini memang sangat praktis, untuk yang menggunakan velg jari-jari lebih mudah pemasangan dari pada velg jari-jari. Velg racing ini dalam bagian laher tidak mudah aus dan sangat stabil jika di gunakan untuk bermanufer kencang serta hard breaking. Selain stabil velg jenis ini memiliki tampilan yang keren dan mudah dalam perawatannya dalam memcucinya.

kelebihan menggunakan velg racing

Dengan kestabilan yang sangat maksimal inilah yang menjadikan velg yang satu ini banyak digunakan dalam ajang road race dan sirkuit. Jika anda ingin memakai ban tubles tinggal pasang saja tanpa memodif velg lagi. Namun anda velg jenis ini biasanya harganya cukup mahal dibandingkan dengan velg jenis jari-jari. Untuk dari kekuatan memang masih di bawah kekuatan velg jari-jari. Pernah anda lihat ketika velg racing mengalami crass atau benturan dan hancur berantakan. Jika mengalami benturan sedikit velg racing bisa di press ulang dan jika hancur pastinya anda membeli yang baru

Kelebihan Menggunakan Velg Racing :

  • Harga lebih mahal.
  • Bobot velg lebih berat.
  • Lebih rentang penyok jika terkena lubang, tergantung kualitas dari velgny ya anda.
  • Jika velg penyo parah atau pecah, mau gak mau anda harus ganti yang baru.
  • Tidak bisa di ecer, jika di ecer pasti beda dalam modelnya.

Tapi untuk jalanan indonesia saat sudah nampak bagus semua anda, bukan dari aspal saja, tapi sekarang sudah memakai sistem cor. Tapi untuk daerah pelosok atau tertinggal pastinya jalanan tetap rusak. Oke anda kurang lebih itulah kelemahan dan kelebihan dari velg jari-jari dan velg racing yang saya bagikan.