Cara Modifikasi dan Tips Otomotif

Harga dan Spesifikasi Motor Honda CB150R Streetfire Februari 2017

Liberindonesia.comHarga dan Spesifikasi Motor Honda CB150R Streetfire – Sudah terpesona dengan Honda Sonic 150R? Tidak hanya Si Ayam Jago Sonic 150R saja yang sanggup menyita perhatian publik, PT Astra Honda Motor (AHM) pun tetap punya satu unit motor baru lagi yang bakal membikin Bro dan Sis terbuai. Apabila sebelumnya kami telah mengupas Sonic 150R dengan cara lengkap, kini saatnya kami menemui Honda CB150R StreetFire yang diluncurkan berbarengan dengan Honda Sonic 150R. Mengusung nama All New CB150R StreetFire, generasi kedua StreetFire ini dirilis sebagai versi facelift dari CB150R SF generasi lamanya. Apabila Sonic 150R dirilis sebagai penantang Suzuki Satria FU, jadi Honda CB150R StreetFire ini bakal ditempatkan di kelas entry-level motor sport.

Lawannya? Jelas Yamaha V-ixion. Sebelum keberadaan New CB150R StreetFire, Yamaha sendiri telah ‘mencuri start’ dengan meluncurkan All New V-ixion Advance yang adalah generasi ketiga dari keluarga V-ixion. Apabila menilik spesifikasi mesinnya, sebetulnya Honda CB150R StreetFire ini mempunyai basis mesin yang sama dengan Sonic 150R. Tetapi dari segi performa, CB150R versi baru ini jelas mempunyai power lebih bertenaga sebab menempati kelas berbeda.

Sekilas, All New Honda CB150R StreetFire ini bakal mengingatkan kami terhadap salah satu moge Honda yang baru saja diboyong ke Indonesia kurang lebih dua bulan yang lalu, yaitu CB500F. Sama semacam moge yang adalah premium motor sport tertsebut, aura naked sport bike juga sangat kental dalam tubuh Honda CB150R StreetFire ini. Dengan shrouds baru yang berada di tahap sampingnya, unit headlamp cover yang terkesan lebih ‘ganas’, dan buritan yang terus sporty, semuanya sangatlah mengingatkan kami pada sosok CB500F. Apabila versi lamanya mempunyai tubuh yang bisa dibilang ceking, hari ini Honda CB150R StreetFire hadir dengan dimensi lebih besar dengan dukungan ban tapak lebar juga.

Honda sendiri terbukti menyebutkan bahwa antara CB150R StreetFire dengan Sonic 150R terbukti dibuat dengan basis mesin yang sama. Bahkan, kubikasi mesin pada New CB150R ini sama dengan mesin Sonic 150R, yaitu 149,16cc. Rasio kompresinya pun juga sama, yaitu 11,3:1. Lalu, apakah dengan cara teknis Honda CB150R StreetFire ini sama dengan Honda Sonic 150R? Jawabannya tentu tidak. Semacam yang telah Mas Sena singgung di awal tadi, walau dengan cara teknis sama tetapi kemampuan kedua motor baru Honda tersebut berbeda. Nah supaya lebih jelas, Mas Sena telah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda CB150R StreetFire pada segmen berikut ini.

Spesifikasi Honda CB150R

Spesifikasi dan Honda CB150R Streetfire

Konsep Tampilan Naked Sport Bike yang Terus Agresif

Perubahan yang sangat mencolok pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire di tahap tampilan adalah bajunya yang sangatlah baru dan tidak sama dengan generasi lamanya. Apabila StreetFire versi lama terkesan ramping, jadi Honda CB150R StreetFire generasi baru ini mempunyai tubuh yang lebih berotot. Dari tahap muka, wajah New CB150R ini tampil dengan fascia lebih fresh dan meninggalkan muka ‘culun’ versi lamanya. Honda CB150R StreetFire mengusung tampilan head cover berbentuk V Shape, hampir mirip dengan tampilan batok lampu Sonic 150R tetapi dengan ukuran lampu lebih besar. Tidak hanya itu, ‘konde’ Honda CB150R StreetFire versi baru ini juga mempunyai tampilan baru dengan aksen bertingkat. Wajah baru CB150R ini membuatnya terkesan lebih ganas dan agresif, ciri khas naked sport bike.

Bergerak ke segi samping, Honda pun merubah tampilan tangki pada motor barunya ini. Sekilas, tangki baru pada Honda CB150R StreetFire ini condong lebih mirip ke tangki milik V-ixion Lightning. Tangki yang berukuran lebih besar dari versi lama itu berpadu dengan shrouds baru yang mempunyai bentuk lebih runcing dan berkarakter. Shrouds alias air-flow pada Honda CB150R StreetFire pun mempunyai dimensi yang lebih besar jadi menutupi hampir separuh rangka tubular yang menjadi ciri khas dari CB150R StreetFire.

Dari samping pula kami bakal menemukan bentuk muffler baru yang terkesan lebih modern. Apabila Honda CB150R StreetFire generasi lama identik dengan muffler singkat berbentuk bulat, jadi versi barunya ini mempunyai pipa buang yang lebih panjang dengan ujung persegi panjang. Terkesan aneh? Tidak. Justru itu memperkuat kesan tidak sama pada motor baru Honda ini. Tahap buritan pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire pun juga mengangkat nuansa baru. Apabila dulu CB150R mempunyai buntut ‘kalem’, jadi saat ini versi barunya tampil dengan lampu lancip berpadu dengan handgrip runcing terpisah. Satu kata : sangar!

Dashboard Full Digital yang Futuristik

Tidak ketinggalan pada sektor dashboard dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini pun menampilkan perubahan yang begitu signifikan. Pada panel speedometer digital LCD monochrome ini tersedia dua klaster yang terkesan menyatu berbentuk trapesium terbalik. Klaster pertama pada panel dashboard Honda CB150R StreetFire mempunyai bentuk memanjang yang ditempati oleh RPM meter digital, trip meter, penunjuk jam, dan indikator bahan bakar tersedia. Sedangkan di klaster lainnya yang terpisah dengan kluster pertama, tersedia penunjuk kecepatan dengan ukuran huruf besar.

Tahap berikutnya dari dashboard Honda CB150R StreetFire di isi oleh indikator lampu, indikator gear netral, indikator mesin, indikator suhu mesin saat overheat, dan indikator lampu mutlak dan indikator lampu sein. Ubahan pada speifikasi Honda CB150R StreetFire dibagian dashboard ini terhitung istimewa sebab untuk motor sport kelas pemula jarang ada yang memakai panel full digital semacam itu.

Dimensi Lebih Besar dengan Rangka Diamond Truss Frame

Spesifikasi Honda CB150R StreetFire dibagian rangka ini sebetulnya tetap mengusung basis rangka yang sama dengan CB150R StreetFire versi lama. Honda tetap setia dengan tampilan rangka Diamond Truss Frame yang telah terbukti kokoh walau terbuat dari material yang ringan. Dengan cara fisik, Honda CB150R StreetFire ini mempunyai dimensi 2.019 x 719 x 1.039 mm dengan bobot mencapai 136 kg. Ukuran tubuh CB150R versi baru ini lebih besar dan berat apabila dibandingkan dengan generasi lamanya.

Walau bobotnya lumayan berat, tetapi percepatan Honda CB150R StreetFire tetap yahud sebab jarak sumbu rodanya pas, yaitu 1.293 mm. Honda sendiri pernah berujar bahwa New CB150R ini tepat untuk kaum muda bertinggi 164 cm ke atas. Tubuh Honda CB150R StreetFire terbukti lumayan menjulang. Tinggi joknya saja mencapai 797 mm. Walau mempunyai tubuh tinggi besar, tetapi akselerasinya tidak bakal berat sebab Honda memakai teknologi New Alumunium Engine Hanger yang bakal membikin mesin terus tersangga sempurna jadi kestabilan, kelincahan dan kenyamanan berkendara terus terasa. Untuk urusan bahan bakar, Honda menyematkan tangki berukuran 12 liter pada spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini.

Ban Lebih Lebar Hasilkan Handlding Sempurna

Sekarang kami bakal mengulas spesifikasi Honda CB150R StreetFire dibagian kaki-kakinya. Pada generasi kedua CB150R StreetFire ini, Honda memakai sepasang kaki baru. Ukuran ban pada Honda CB150R StreetFire ini terbukti terkesan lebih besar dari versi lamanya. Faktor ini sebab Honda memakai ban depan berukuran 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P. Walau diameter velgnya sama, tetapi ukuran tapak velg pada New Honda CB150R StreetFire ini lebih lebar. Sementara untuk urusan suspensi, Honda tetap setia dengan suspensi teleskopik dibagian depan. Sedangkan untuk spesifikasi Honda CB150R StreetFire dibagian belakang, pabrikan asal Jepang itu menyematkan suspensi bersistem Pro-Link dengan lengan ayun suspensi tunggal (monoshock).

Performa Tetap Tangguh dengan Mesin Berstandar Euro3

Saatnya mengupas spesifikasi Honda CB150R StreetFire pada ruang dapur pacunya. Semacam yang pernah Mas Sena ungkap tadi, sebetulnya basis mesin pada CB150R StreetFire ini sama dengan mesin pada Sonic 150R. Namun, mesin pada Honda CB150R StreetFire tetap mempunyai perbedaan dengan saudaranya itu. Dengan cara teknis, mesin pada All New CB150R StreetFire ini juga adalah produk satu gen dengan generasi lamanya.

Honda tetap mengusung mesin 4-Stroke DOHC silinder tunggal empat katup yang mempunyai kubikasi sebesar 149,6 cc. Mesin Honda CB150R StreetFire tersebut mempunyai tingkat rasio kompresi sebesar 11,3:1, sama dengan Sonic 150R. Nah bedanya dengan Sonic, terletak pada power yang dihasilkannya. Honda CB150R StreetFire ini mempunyai power maksimal mencapai 12,4 kW alias setara dengan 16,9 Ps pada 9.000 rpm, sedikit di atas Sonic 150R. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, mesin pada New CB150R ini sanggup meraih torsi sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga itu disalurkan oleh transmisi manual enam percepatan.

Tidak hanya itu, mesin Honda CB150R StreetFire ini juga telah mengadaptasi teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Sama semacam halnya Sonic 150R, New CB150R StreetFire ini juga telah lolos uji emisi Euro2 dan juga Euro3. So, tidak hanya kencang pastinya spesifikasi mesin Honda CB150R StreetFire ini juga irit konsumsi BBM. Hitungan konsumsi bahan bakarnya mencapai 40 km/liter.

Fitur Motor Sport Lengkap

Terakhir, kami bakal mengulas fitur-fitur dari spesifikasi Honda CB150R StreetFire ini. All New CB150R StreetFire ini terbukti mempunyai fitur-fitur sport bike kelas menengah yang maksimal untuk saat ini. Mulai dari Full Digital Spedometer dengan tampilan futuristik dan sporty yang bakal memberikan info lengkap dan fungsional. Lalu, Honda CB150R StreetFire juga dilengkapi dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang bakal memberikan keamanan maksimal saat motor ditinggalkan dalam waktu yang lama.

Baca Juga :

Sedangkan pada tangkinya, Honda CB150R StreetFire memakai tutup tangki model rata yang memberikan tampilan sporty dan modern. Urusan pencahayaan pun juga tidak luput dari sentuhan teknologi Honda. Pencahayaan Honda CB150R StreetFire memakai lampu tipe LED yang menghasilkan cahaya terang maksimal. Sedangkan dari mesinnya, spesifikasi Honda CB150R StreetFire juga telah memakai teknologi mesin berstandar Euro2 dan Euro3. Itu artinya New CB150R StreetFire ini adalah kendaraan ramah lingkungan dengan tingkat emisi yang rendah.

Honda CB150R
Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah, DOHC – 4 Katup
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Sistem Pendingin Mesin Liquid Cooled with Auto Fan
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 57.3 x 57.8 mm
erbandingan Kompresi 11.3:1
Daya Maksimum 12.4 kW (16.9 PS) / 9,000 rpm
Torsi Maksimum 13.8 Nm (1.41 kgf.m) / 7,000 rpm
Transmisi
Tipe Transmisi Manual, 6 – Kecepatan
Pola Perpindahan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
Starting System Pedal & Elektrik
Tipe Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem Pelumasan Wet
Rangka
Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Panjang x Lebar x Tinggi 2.019 x 719 x 1.039 mm
Jarak Sumbu Roda 1.293 mm
Jarak Terendah ke Tanah 169 mm
Ketinggian Tempat Duduk 797 mm
Berat Kosong 136 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 liter
Pengapian
Tipe Pengapian Full Transisterized
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9
Kaki-kaki
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayu Dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan 100/80-17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 62P (Tubeless)
Pengereman
Tipe Rem Depan Cakram Hidrolik
Tipe Rem Belakang Cakram Hidrolik

Harga Honda CB150R

 

Membahas spesifikasi pastinya tidak lengkap apabila kami tidak mengulas harganya. Sesuai dengan rilis resmi dari PT Astra Honda Motor, banderol harga Honda CB150R StreetFire versi baru ini terbukti sedikit lebih mahal dari versi lamanya. Faktor ini dipengaruhi oleh peningkatan perangkat yang digunakan. Walau tahap interior tidak tidak sedikit berubah, tetapi tahap eksterior Honda CB150R StreetFire mengusung sejumlah perubahan yang tergolong ‘radikal’.

Mulai dari tampilan lampu depan yang lebih agresif, lalu bentuk tangki baru, dan penggunaan sepasang ban berukuran lebih besar pastinya bakal berpengaruh pada harga Honda CB150R StreetFire generasi kedua ini. Dengan bekal spesifikasi mesin berbasis sama dengan versi lamanya, lalu berapakah banderol harga Honda CB150R StreetFire generasi baru ini?

Sesuai dengan info yang Liberindo bisakan, banderol harga Honda CB150R StreetFire ini adalah kurang lebih Rp 25,4 jutaan, untuk harga On The Road Jakarta. Apabila dibandingkan dengan motor sport kelas entry level lainnya semacam New V-ixion Advance, harga Honda CB150R StreetFire tersebut terbukti lebih mahal. Sebagai informasi, harga termahal V-ixion Advance adalah Rp 23,7 juta, lebih mahal kurang lebih Rp 1,5 juta dari harga jual Honda CB150R StreetFire ini. Walau kapasitas mesinnya sama, yakni 150cc, tetapi antara New CB150R StreetFire dengan V-ixion Advance mempunyai basis mesin yang berbeda.

Apabila V-ixion tetap memakai basis mesin SOHC, jadi New CB150R ini mengusung mesin DOHC. Kalau berkata keunggulan, keduanya pun mempunyai keunggulan masing-masing, walau sampai saat ini perdebatan mengenai siapa yang paling kencang belum berhenti. Walau harga Honda CB150R StreetFire adalah yang termahal untuk kelas sport entry-level 150cc, tetapi dengan cara nilai motor baru Honda ini tetap sebanding dengan para kompetitornya.

Harga Honda CB150R
Rp 25,400,000,-

Hadir dalam tiga opsi warna, yaitu Macho Black, Quantum Red, dan juga Rapid White, Liberindonesia memprediksi bahwa motor baru Honda ini bakal melanjutkan persaingan sengitnya dengan Yamaha di kelas 150cc. Meskipun harga Honda CB150R StreetFire lebih mahal, semacam yang Mas Sena singgung di atas, tetapi faktor ini tentu tidak bakal menjadi masalah. Berbekal spesifikasi mesin yang lebih bertenaga, Honda CB150R StreetFire pastinya terus siap untuk bertarung di jalanan Indonesia. Tidak hanya itu, dengan konsep tampilan bodi baru yang terus menguatkan bau naked sport bike, pastinya motor ini bakal mudah menjadi idola baru di kelas 150cc.

Banderol harga Honda CB150R StreetFire pun sebetulnya tetap proporsional, apabila kami menonton spesifikasi dan teknologi yang ditanamkan padanya. So, siap menebus harga Honda CB150R StreetFire dan membawanya pulang?