Penjelasan Lengkap Mengenai Kelebihan dan Kelemahan Motor Injeksi

Sunday, December 27th, 2015 - Setting Motor

Liberindonesia.comKelebihan dan Kelemahan Motor Injeksi РHalo sahabat otomotif, pada kesempatan kali ini liberindonesia akan mencoba membahas mengenai kelemahan serta kelebihan motor injeksi. Karena beberapa hari yang lalu, ada salah satu member otomotif disalah satu grup facebook bertanya. Untuk itu, liberindonesia akan coba menjelaskannya secara lengkap mengenai kelebihan atau kelemahan motor injeksi.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi

Motor injeksi adalah motor jenis terbaru, yang proses pembakarannya dari fuel injection (FI), dan dicampurkan dengan udara pada takaran yang sempurna hingga menghasilkan pembakaran yang sangat sempurna, dan membuat tenaga menjadi lebih maksimal.

Penjelasan Lengkap Kelebihan Motor Injeksi

Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi

Apasih kelebihan motor injeksi? kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan motor injeksi, dari pada teknologi motor terdahulunya? Berikut penjelasan secara lengkapnya.

  1. Bisa mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.
  2. Bisa mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi menjadi lebih baik.
  3. Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka teknologi ini dapat menyesuaikannya.
  4. Injector menyuplai bahan bakar ke mesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih efisien dan menjadi lebih irit.

Jika teknologi injeksi pada motor memiliki kelebihan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi injeksi ini juga mempunyai kelemahan. Berikut penjelasan lengkap mengenai kelemahan pada motor injeksi.

Kelemahan Motor Injeksi

  1. Harga lebih mahal dibandingkan karburator, karena terdapat banyak komponen.
  2. Jumlah komponen yang banyak dan kompleks.
  3. Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.

Jika Anda tidak sedang bekerja dan memiliki gaji dibawah rata-rata, tentunya sangat sulit untuk merawat motor injeksi, karena perawatan motor injeksi sangat rumit dan membutuhkan banyak biaya. Untuk sistem karburator pada motor injeksi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing berikut penjelasannya.

Sistem Karburator Motor Injeksi

Kelebihan sepeda motor injeksi pada sistem karburator

  1. Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection.
  2. Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks.
  3. Perawatan lebih gampang dan sederhana.
  4. Gampang saat pembersihan atau servis

Kelemahan sepeda motor injeksi pada sistem karburator

  1. Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya dapat sekali.
  2. Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat tidak sama-beda.
  3. Butuh adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll.
  4. Penggunaan bahan bakar tidak lebih efisien, sehingga cenderung boros.

Setelah Anda membaca artikel diatas, semoga Anda bisa lebih bijak untuk memilih kendaraan Anda. Dan mungkin ini saja yang bisa liberindonesia berikan untuk kalian para pecinta otomotif. Semoga bisa menambah referensi dan wawasan Anda mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi.

Penjelasan Lengkap Mengenai Kelebihan dan Kelemahan Motor Injeksi | sabrina | 4.5